Artikel

MENGENAL BENCANA GEOLOGI


PUSDALOPS BPBD DKI JAKARTA Seusai dengan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, Bencana merupakan suatu peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancan dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan oleh faktor alam dan atau faktor non alam maupun faktor manusia, sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda dan dampak psikologis.

Bencana Geologi adalah bencana yang terjadi dipermukaan bumi atau disebabkan oleh gerakan atau aktifitas dari dasar bumi yang muncul ke permukaan. Arti geologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang bumi, sehingga macam-macam bencana alam geologi yang terjadi merupakan murni berasal dari aktifitas di permukaan bumi.
4 Macam Bencana Geologi :
- Gelombang Tsunami
- Gempa Bumi
- Letusan Gunung Berapi
- Tanah Longsor
Bencana geologi sangat sulit untuk dicegah datangnya, akan tetapi dalam upaya penanggulangan bisa dilakukan mitigasi struktural maupun mitigasi non struktural.

Apa yang harus dilakukan dalam upaya mitigasi struktural bencana geologi??
- Gelombang Tsunami (Membangun tanggul laut, Pemasangan sirine peringatan dini tsunami dll)
- Gempa Bumi (Membuat Peta Zonasi Gempa yang digunakan sebagai dasar perencanaan dan pengembangan daerah, evaluasi kondisi bangunan dll)
- Letusan Gunung Berapi (Membuat Peta wliayah yang rawan terdampak, membuat tanggul penangkis, membuat tanggul dialiran lahar dll)
- Tanah longsor (Membuat Peta rawan longsor, membangun turab di wilayah kemiringan dll)

Apa yang harus dilakukan dalam upaya mitigasi non-struktural??
- Pelatihan pengetahuan bencana, pengurangan risiko bencana dan penanggulangan bencana kepada masyarakat yang tinggal diwilayah rawan bencana.
- Membuat pedoman penanggulangan bencana atau rencana kontijensi sesuai dengan kebutuhan masing-masing wilayah.
- Sosialisasi secara terus menerus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahayanya bencana.

Bencana itu bukan untuk ditakuti, tapi untuk ditanggulangi. Sebelum kita menanggulangi, kita kenali dulu Bahaya dan Risikonya.

PUSDALOPS BPBD DKI JAKARTA
Gedung Dinas Teknis, Lantai 5.
Jl. Abdul Muis, No. 66, Jakarta Pusat.
Telp/Fax : 021 - 386 5632
Call Center Jakarta Siaga: 112
Twitter : @BPBDJakarta





Komentar