Artikel

Tentang Bencana Banjir


Banjir terjadi apabila sejumlah besar air menggenangi permukaan tanah yang biasanya kering. Banjir adalah bencana alam yang paling sering terjadi dan paling banyak merugikan, baik dalam segi kemanusiaan maupun ekonomi. Menurut data dari Badan Nasional Penanggungan Bencana (BNPB), 90 % dari kejadian bencana alam di Indonesia berhubungan dengan banjir.

Apa saja penyebab banjir?
- Hujan dalam jangka waktu yang panjang.
- Erosi Tanah atau buruknya penanganan sampah yang menyebabkan air dari sungai dan saluran-saluran meluap dan menggenangi daerah sekitarnya.
- Pembangunan dan perkembangan tempat pemukiman, dimana tanah kehilangan daya serap air hujan. Perkembangan tempat pemukiman bisa menyebabkan 6 kali lipat, terutama di Kota besar yang perkembangannya tidak terencana dengan baik.
- Bendungan dan saluran air yang rusak, walaupun tidak sering terjadi namun bisa menyebabkan banjir terutama saat hujan deras dengan durasi yang panjang.
- Keadaan Tanah dan Tanaman, tanah yang ditumbuhi banyak tanaman mempunyai daya serap air yang besar. Tanah yang tertutup semen, paving atau aspal sama sekali tidak menyerap air.
- Daerah Bebatuan, daya serap air sangat kurang sehingga bisa menyebabkan banjir kiriman.

Banyak hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk mencegah banjir salah satunya adalah mengurangi dampak. Dengan kondisi saat ini, mengurangi dampak dari bencana banjir adalah hal yang paling realistis untuk kita lakukan.
Bagaimana caranya?
- Mengurangi kemungkinan dengan melakukan tindakan pencegahan dilingkungan masing-masing.
- Mengurangi risiko dengan mengetahui cara pencegahannya agar kerusakan yang timbul akibat bencana dapat berkurang.
- Mengurangi Korban yang timbul akibat kurangnya kesiapan, oleh karena itu persiapan yang baik akan bisa membantu masyarakat untuk melakukan tindakan yang tepat guna dan tepat waktu.
- Menjalin kerjasama dengan baik untuk memperlancar proses penanggulangan bencana, karena pada hakikatnya Pemerintah, Dunia Usaha dan Masyarakat wajib bekerja sama dalam upaya penanggulangan bencana.
(BNPB, BPBD DKI Jakarta, CSR, MPBI, UNESCO, USAID & Masyarakat)

==================================================================================
PUSAT DATA & INFORMASI KEBENCANAAN BPBD PROVINSI DKI JAKARTA
Gedung Dinas Teknis, Lantai 5, Jl. Abdul Muis, No. 66, Jakarta Pusat
Email :
pusdalopsbpbd@jakarta.go.id
pusdalopsbpbdjkt@gmail.com
Telp/Fax : (021) 386 5632
Call Center Jakarta Siaga : 112
Twitter : @BPBDJakarta





Komentar