Artikel

Program Panggilan Darurat 112 Raih Penghargaan Internasional


Nomor tunggal panggilan darurat 112 berhasil meraih Bronze Medal dalam kompetisi Contact Center Word (CCW) 2017 Regional Asia Pasifik yang diselenggarakan pada tanggal 10 s.d 14 Juli 2017 di Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Kompetisi ini terbagi dalam 3 regional, yaitu Eropa, Asia Pasific dan Amerika, rangking 3 besar penerima penghargaan pada setiap regional akan kembali berkompetisi tingkat dunia di London pada tanggal 23 s.d 27 Oktober 2017 mendatang.

Menurut Direktur Penyediaan Jasa Infrastruktur Balai Penyedia dan Pengelola Pembiayaan Telekomunikasi dan Informatika (BP3TI) Kementrian Komunikasi dan Informatika, kompetisi CCW 2017 bukan hanya sekedar mencari yang terbaik namun juga sebagai wahana bertukar pikiran dan informasi tentang pengelolaan dan pengembangan contact center untuk memberikan layanan yang semakin baik kepada penerima manfaat. Selain itu menjadi sarana yang strategis untuk mendukung pencapaian target organisasi, penghargaan ini juga menjadi motivasi agar layanan darurat 112 bisa lebih baik lagi.

Di Indonesia, program nomor tunggal panggilan darurat 112 telah dilaksanakan sejak akhir tahun 2016 di Surabaya Kota Batam, Tangerang, Depok, Bogor, Bandung, Solo, Denpasar, Mataram, Balikpapan dan Makasar.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta bersama Kemkominfo telah mencanangkan program nomor tunggal panggilan darurat 112 sejak awal tahun 2016 dan di launching dengan nama Layanan Jakarta Siaga 112 pada Oktober 2016. Layanan Call Center Jakarta Siaga 112, merupakan layanan pengaduan masyarakat yang berada dibawah koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan memiliki sistem hampir serupa dengan 911 milik Amerika. Dengan mengintegrasi data dari Jakarta Smart City Dinas Kominfomas Provinsi DKI Jakarta dimana Agent Call Center Jakarta Siaga 112 akan memandu, memberikan pertolongan pertama dan memberikan saran kepada penelpon agar melakukan tindakan-tindakan tertentu sampai bantuan atau petugas tiba dilokasi kejadian sesuai dengan Standard Operational Porsedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Agent Call Center Jakarta Siaga 112 juga langsung dapat menghubungi dan mengarahkan petugas dilapangan agar cepat sampai ke lokasi kejadian dengan memanfaatkan Global Positioning System (GPS) yang terpasang pada setiap perangkat yang dibawa oleh petugas lapangan. Beberapa jalur komunikasi yang digunakan sebagai sarana komunikasi berlapis dalam Sistem Jakarta Siaga 112 antara lain Radio Trunking, Web Monitoring , CROP dan pergerakan aktivitas di lapangan dapat dimonitor oleh Agen Call Center Jakarta Siaga 112 melalui camera CCTV. Untuk koordinasi dan komunikasi dengan Polda Metro Jaya, Agent Call Center Jakarta Siaga 112 menggunakan Radio RIG Polda Metro Jaya yang ditempatkan di ruang Call Center Jakarta Siaga 112 dan terhubung dengan Biro Operasi Polda Metro Jaya dan seluruh Polsek di DKI Jakarta.

==================================================================================
PUSAT DATA & INFORMASI KEBENCANAAN BPBD PROVINSI DKI JAKARTA
Gedung Dinas Teknis, Lantai 5, Jl. Abdul Muis, No. 66, Jakarta Pusat
Email :
- pusdalopsbpbd@jakarta.go.id
- pusdalopsbpbdjkt@gmail.com
Telp/Fax : (021) 386 5632
Call Center Jakarta Siaga : 112
Twitter : @BPBDJakarta





Komentar