Berita Seputar Bencana

BPBD DKI Jakarta akan Tampil di Kompetisi Inovasi Tingkat Internasional

10 Aug 2017 08:25:14, posts by Muchtiyanto

Setelah meraih penghargaan Kompetisi Inovasi Publik (SiNovik) tingkat Nasional yang diadakan oleh Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada bulan Mei 2017, Program PENA-Berkarib (Peta Bencana - Bersama Kurangi Risiko Bencana) akan mewakili Indonesia dalam Kompetisi Inovasi Tingkat Internasional Edge of Government Innovation Award pada tahun 2018 di Dubai, Uni Emirat Arab.

PENA-BERKARIB merupakan program pelayanan masyarakat yang bersumber dari masyarakat melalui media sosial. Platform ini menghasilkann visualisasi dari kejadian-kejadian bencana, termasuk banjir secara real time. Peta yang ditampilkan mensintesis data yang tersedia dari media, BPBD Provinsi DI Jakarta dan Data Infrastruktur yang berguna untuk pantauan komprehensif ketika situasi banjir di Jakarta. Platform ini juga menampilkan crowdsource, validasi dari pemerintah terkait laporan, tinggi muka air sungai dan sebaran lokasi yang tergenang banjir secara realtime. Dengan menyediakan informasi secara aktual kepada warga, penerima respon pertama dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Pena-Berkarib memungkinkan pengguna untuk pengambilan keputusan, pemetaan dan antisipasi meledaknya jumlah laporan ketika terjadi bencana.

PENA-Berkarib yang dikelola oleh BPBD DKI Jakarta akan mengikuti Edge of Government Innovation Award 2018 bersama beberapa program lainnya seperti Jakarta Smart City (Pemprov DKI Jakarta), Layanan 119 (Kementrian Kesehatan), MAGMA (Kementrian ESDM), SIPUHH Tata Kelola Kehutanan (Kementrian Lingkungan Hidup), Pelayanan Outreaching Melayani Penyandang Disabilitas (Kementrian Sosial), Mencerdaskan Si Miskin Menjadi Generasi Emas (Pemprov Bali), Kami Datang, Penglihatan Terang (Pemprove Bali), Jalin Matra (Pemprov Jawa Timur), Ayo Kerja (Pemprov Jawa Timur) dan ATM SAMSAT (Pemprov Jawa Timur).

=============================================================================

PUSAT DATA & INFORMASI KEBENCANAAN BPBD PROVINSI DKI JAKARTA

Gedung Dinas Teknis, Lantai 5, Jl. Abdul Muis, No. 66, Jakarta Pusat

Email :

- pusdalopsbpbd@jakarta.go.id

- pusdalopsbpbdjkt@gmail.com

Telp/Fax : (021) 386 5632

Call Center Jakarta Siaga : 112

Twitter : @BPBDJakarta



Lampiran berkas :


Komentar