Berita Seputar Bencana

Jakarta Mengalami “Monson Break” Hingga 12 Desember 2017

06 Dec 2017 10:43:58, posts by Muchtiyanto


Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG),  memprediksi cuaca di wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah akan mengalami “Monsoon Break” yaitu curah hujannya rendah atau dapat dikatakan “Hujannya Istirahat” hingga tanggal 12 Desember mendatang.

Kenapa demikian? Menurut Kepala BMKG pada saat melakukan siaran pers, “hal ini terjadi karena pasokan suplai air untuk pembentukan awan hujan mengalami pengurangan sehingga curah hujan menjadi rendah.

Seperti yang diketahui bersama, bahwa saat ini sedang terjadi supermoon, yaitu kondisi Matahari, Bulan dan Bumi berada pada satu garis lurus. Sehingga meskipun curah hujan rendah, namun banyak wilayah pesisir yang mengalami kenaikan volume air atau banjir rob.

Meskipun BMKG memprediksi laut akan pasang sampai tanggal 05 Desember 2017, mengingat cuaca ekstrim masih mengintai maka dari itu BPBD Provinsi DKI Jakarta menghimbau kepada warga , khususnya yang tinggal di wilayah pesisir agar selalu waspada terhadap pasang-surut air laut dan agar meminimalisir risikonya ketika angin kencang melanda.

==================================================================================
PUSAT DATA & INFORMASI KEBENCANAAN BPBD PROVINSI DKI JAKARTA
Gedung Dinas Teknis, Lantai 5, Jl. Abdul Muis, No. 66, Jakarta Pusat
Email :
pusdalopsbpbd@jakarta.go.id
pusdalopsbpbdjkt@gmail.com
Telp/Fax : (021) 386 5632
Call Center Jakarta Siaga : 112
Twitter : @BPBDJakarta



Lampiran berkas :


Komentar