Artikel

BNPB : Penanganan Tahap Pasca Bencana menjadi Tanggung Jawab Bersama


Jakarta, Kegiatan pada fase pasca bencana merupakan upaya serius yang harus cepat dan tepat dilakukan. Selain rehabilitasi dan rekonstruksi yang dilakukan fokus pada area terdampak, membuat sebuah evaluasi, kajian dan penelitian juga sangat perlu untuk dilakukan. Hasil sebuah kajian tersbut nantinya dapat digunakan sebagai landasan serta dasar penentuan langkah selanjutnya.

 

Hari ini Minggu (12/01/19) diambil dari laman Instagram  @bnpb_indonesia Kepala BNPB Letjend TNI Doni Monardo Bersama kepala BMKG, Kepala PVMBG, LIPI, dan Bersama para ahli geologi, vulkanologi, dan para peneliti lainya melakukan kunjungan ke lokasi pantai Binuangeun yang menjadi jejak tsunami 300, 1700 dan 3000 Tahun silam, masih terdapat energi potensi bencana yang belum dapat diketahui kapan energi tersebut lepas. Kepala BNPB mengatakan “bahwa adanya jejak tsunami tersebut menunjukan bahwa pemerintah daerah dan masyarakat setempat harus lebih meningkatkan kesiapsiagaan dengan memperkuat upaya – upaya mitigasi. Menyiapkan rute-rute evakuasi dan melakukan tata ruang yang berbasis risiko bencana.”

 

Selain itu dalam kesempatan lainya Kepala BNPB juga mengatakan bahwa “Keterlibatan semua unsur selain pemerintah dan potensi masyarakat lainya juga sangat diperlukan dalam sektor kebencanaan. Sehingga tokoh – tokoh masyarakat dan agama untuk dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pengurangan risiko bencana. Selain itu keterlibatan semua unsur terkait juga dapat membuka wawasan terkait budaya sadar bencana, sehingga kepedulian terhadap bencana tidak hanya tertuju pada skala pemerintah saja melainkan sampai kepada tingkat desa.”  

 

========================================================================

 

PUSAT DATA & INFORMASI KEBENCANAAN BPBD PROVINSI DKI JAKARTA

Gedung Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta, Jl. K.H Zainul Arifin No.71 , Duri Pulo. Jakarta Pusat.

 

Email :

- pusdalopsbpbd@jakarta.go.id

- pusdalopsbpbdjkt@gmail.com

No Fax. 021 6340484

No Telp. 021 6344766

Call Center Jakarta Siaga : 112

Twitter : @BPBDJakarta





Komentar