Artikel

PSIKOSOSIAL BAGI PENYINTAS KEBAKARAN DI KELURAHAN MAMPHAR


Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  bersama tim Layanan Dukungan Psikososial (LDP) DKI Jakarta melakukan pendampingan psikososial bagi penyintas kebakaran di Kelurahan Mamphar, Kecamatan Tamansari, Jakarta Barat pada senin (10/2).

 

Kegiatan yang dilakukan di RPTRA Matahari Kelurahan Mamphar ini meliputi assesmen psikologis yang mendalam dan pendampingan psikologis dengan teknik relaksasi bagi ibu dan lansia yang terkena dampak kebakaran beberapa hari lalu. Selain itu, anak-anak yang terdampak juga mendapatkan penanganan khusus berupa edukasi dan rekreasi. Dengan harapan bisa membangkitkan semangat dan menghilangkan trauma bagi penyintas kebakaran tersebut.

 

Kepala Seksi Pemulihan dan Peningkatan Sosial Ekonomi BPBD DKI, Salman Ansori mengatakan, “Kegiatan ini salah satu hal yang penting dalam penanganan paska bencana. Karena bisa memulihkan traumatik dan beban psikologis bagi penyintas bencana kebakaran tersebut”, ujarnya.

 

Saat ini, SKPD terkait dan dibantu masyarakat terus melakukan upaya pembersihan puing-puing paska kebakaran yang terjadi pada 6 februari 2020 yang lalu. Selain itu juga, telah berdiri tenda penampungan bagi penyintas kebakaran serta posko bantuan makanan serta perlengkapan kebutuhan lainnya.





Komentar