Artikel

Pimpin Apel Kesiapsiagaan Musim Hujan, Anies Tekankan Tiga Kunc i: Siap, Tanggap dan Galang.


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan tingkat provinsi di Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Rabu pagi, (4/11). Apel ini diikuti oleh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DKI Jakarta, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, SAR DKI Jakarta, TNI, serta Polri.

 

Anies menjelaskan tantangan musim hujan di Jakarta bukan hanya di tengah pandemi COVID-19 yang masih melanda, tetapi juga akibat fenomena La Niña yang mengakibatkan curah hujan di Indonesia akan meningkat signifikan.

“Tantangan pada musim hujan kali ini bertambah akibat adanya fenomena La Nina,” ujar Anies.

 

Dalam apel kesiapsiagaan itu, Anies menyebut ada tiga kata kunci dalam penanganan musim hujan di Ibu Kota. Ketiga kunci itu adalah siaga, tanggap, dan galang.

"Pagi ini, kita laksanakan apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan. Kita kirimkan pesan ke diri sendiri bahwa pada musim hujan ini kita punya tingkat kewaspadaan yang tinggi. Ada tiga kata kunci, yaitu siaga, tanggap, galang," kata Anies.

 

Anies kemudian menekankan dua indikator utama dalam keberhasilan menghadapi dampak musim hujan yang ekstrem adalah memastikan seluruh masyarakat selamat (tidak ada korban) dan genangan dapat surut dalam waktu kurang dari 6 jam setelah hujan reda. Kedua indikator tersebut harus mampu dicapai dan menjadi target bersama seluruh pihak dalam kesiapsiagaan menghadapi musim penghujan ini.

Apel ini diikuti oleh ratusan peserta dari masing-masing instansi. Tidak cuma personel, perlengkapan menghadapi bencana seperti perahu karet dan tenda pengungsi juga ditampilkan.

 

===============================================

 

 

Diinformasikan Oleh :

 

BPBD PROVINSI DKI JAKARTA

 

PUSDATIN KEBENCANAAN

 

No Fax : 021 - 6340484

 

No Telp : 021 - 6344766

 

Call Center Jakarta Siaga : 112

 

Twitter  : @BPBDJakarta





Komentar