Berita Harian

BPBD DKI TURUT BERUPAYA MEMBANTU TPS TERDAMPAK BANJIR PADA PEMUNGUTAN SUARA PEMILU 2024

BPBD DKI mencatat total sebanyak 70 TPS atau 0,22% dari total 30.766 TPS terdampak genangan. sejumlah upaya BPBD DKI lakukan untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara tetap berjalan yakni dengan mengerahkan lebih dari 200 petugas penanggulangan bencana/TRC ke lokasi TPS yang terdampak banjir untuk membantu perpindahan TPS ke lokasi yang lebih aman.

UPT PDIK Rabu, 14 Februari 2024
BPBD DKI TURUT BERUPAYA MEMBANTU TPS TERDAMPAK BANJIR PADA PEMUNGUTAN SUARA PEMILU 2024
petugas penanggulangan bencana/TRC membantu perpindahan TPS ke lokasi yang lebih aman

SIARAN PERS
BPBD DKI TURUT BERUPAYA MEMBANTU TPS TERDAMPAK BANJIR PADA PEMUNGUTAN SUARA PEMILU 2024

Hujan dengan intensitas sangat lebat hingga ekstrem sempat melanda Jakarta dan sekitarnya sejak Rabu (14/2) dini hari hingga pagi hari. BMKG mencatat curah hujan tertinggi terjadi di kawasan Istana dan Waduk Sunter Utara (180mm/hari), serta Kelapa Gading (170,4mm/hari).

Hal ini menyebabkan sejumlah wilayah terdampak banjir. Hingga Rabu (14/2) pukul 10.00 WIB, BPBD DKI mencatat genangan mengalami penurunan dari 16 RT menjadi 13 RT atau 0.042% dari 30.772 RT dan ruas jalan tergenang mengalami kenaikan dari 35 ruas jalan menjadi 42 ruas jalan tergenang yang ada di wilayah DKI Jakarta.

Kejadian ini terjadi bersamaan dengan pemungutan suara pada pemilu tahun 2024. Dari total 30.766 TPS, BPBD DKI mencatat total sebanyak 70 TPS atau 0,22% dari total 30.766 TPS terdampak genangan dengan rincian sebagai berikut:

JAKARTA BARAT: 31 TPS
Kel. Kapuk: 9 TPS
Kel. Mangga Besar: 3 TPS
Kel. Kembangan Utara: 3 TPS
Kel. Kedoya Selatan: 2 TPS
Kel. Duri Kepa: 2 TPS
Kel. Rawa Buaya: 6 TPS
Kel. Duri Kosambi: 6 TPS

JAKARTA UTARA: 27 TPS
Kel. Kebon Bawang: 1 TPS
Kel. Rawa Badak Selatan: 1 TPS
Kel. Kelapa Gading Timur: 4 TPS
Kel. Tugu Utara: 2 TPS
Kel. Sungai Bambu: 1 TPS
Kel. Kelapa Gading Barat: 18 TPS

JAKARTA TIMUR: 3 TPS di Kel. Cakung Timur
JAKARTA PUSAT: 3 TPS di Kel. Gunung Sahari Utara
JAKARTA SELATAN: 6 TPS di Kel. Kuningan Barat

BPBD DKI melakukan sejumlah upaya untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara tetap berjalan yakni dengan mengerahkan lebih dari 200 petugas penanggulangan bencana/TRC ke lokasi TPS yang terdampak banjir untuk membantu perpindahan TPS ke lokasi yang lebih aman. 

Upaya ini didukung dengan peralatan penunjang yang dimiliki seperti perahu, tenda, dll dengan bantuan ratusan personel gabungan seperti Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, PPSU Kelurahan, pengurus RT/RW setempat, dan unsur terkait lainnya.

Selain itu, BPBD DKI juga berkoordinasi dengan Dinas SDA, Dinas Gulkarmat, dan unsur terkait lainnya untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat. 

Diimbau bagi masyarakat yang mengalami atau menemukan keadaan darurat, dapat segera menghubungi nomor Jakarta Siaga 112 atau melaporkan melalui fitur JakLapor pada aplikasi JAKI.

Diinformasikan oleh:
PUSDATIN KEBENCANAAN
BPBD PROVINSI DKI JAKARTA
X: @BPBDJakarta
Instagram: @bpbddkijakarta
Facebook: BPBD DKI Jakarta
Channel Whatsapp & Telegram: @bpbddkijakarta
Nomor Layanan Kedaruratan: 112