Berita Harian

Gubernur DKI Jakarta Pimpin Apel Kesiapsiagaan di Monas

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menginisiasi Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan Tingkat Provinsi DKI Jakarta, di Silang Selatan Monas, Jakarta.

Admin Rabu, 13 Oktober 2021
Gubernur DKI Jakarta Pimpin Apel Kesiapsiagaan di Monas
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengajak masyarakat untuk selalu siap siaga dalam menghadapi musim penghujan.

Pada tanggal 13 Oktober 2021, BPBD DKI Jakarta menyelenggarakan Apel Kesiapsiagaan Menghadapi Musim Hujan di Lapangan Silang Selatan Monas, Jakarta Pusat dengan melibatkan 1.458 personel gabungan yang terdiri dari unsur perangkat daerah, TNI, kepolisian, lembaga usaha, media, dan organisasi pegiat kebencanaan.

Gubernur DKI Jakarta mengatakan bahwa terdapat tiga front yang dihadapi Jakarta dalam memasuki musim hujan:
1. front selatan yaitu sebanyak 13 sungai yang melewati DKI Jakarta
2. front tengah yaitu hujan lebat yang dapat terjadi pada pusat kota
3. front pesisir utara yaitu ancaman banjir rob.


"Dari tiga front ini, semuanya harus kita hadapi. Mungkin bersamaan", ungkap Gubernur sebagai pengingat kewaspadaan bahwa kemungkinan front ini dapat hadir sebagian, maupun bersamaan.

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta menegaskan ada tiga kata kunci utama yaitu Siaga, Tanggap, dan Galang. Ketiga kata kunci ini menjadi upaya dan langkah-langkah yang wajib dilaksanakan oleh seluruh instansi yang terlibat. Melalui apel gabungan ini, Gubernur berharap agar masyarakat juga tetap menaati protokol kesehatan. Dengan adanya apel kesiapsiagaan ini, Gubernur berharap berbagai personel gabungan yang hadir dapat saling bekerja sama dan cepat tanggap dalam menghadapi kemungkinan bencana yang akan datang.