Berita Harian

Upaya Penanganan Genangan Pasca Hujan Lebat

Upaya Penanganan Genangan Pasca Hujan Lebat yang Terjadi pada 04 Oktober 2022

UPT PDIK Selasa, 04 Oktober 2022
Upaya Penanganan Genangan Pasca Hujan Lebat
Upaya Penanganan Genangan Pasca Hujan Lebat

 

*UPAYA PENANGANAN GENANGAN PASCA HUJAN LEBAT YANG TERJADI PADA 4 OKTOBER 2022*

Berdasarkan pada informasi kewaspadaan cuaca ekstrem yang dirilis BMKG untuk periode tanggal 2-8 Oktober 2022, saat ini terjadi genangan di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta. BPBD DKI mencatat hingga pukul 16:00 WIB, terdapat 7 ruas jalan tergenang dan 16 RT atau hanya 0,053% dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta yang tergenang dengan ketinggian >40cm.

BPBD DKI telah mengerahkan sebanyak 267 anggota TRC di seluruh wilayah DKI Jakarta untuk memastikan genangan dapat segera ditangani. Selain itu, BPBD DKI juga mengkoordinasikan OPD teknis terkait seperti Dinas SDA, Dinas Bina Marga, PPSU Kelurahan, Dinas Lingkungan Hidup, dan Dinas Gulkarmat untuk turut membantu penanganan genangan di wilayahnya masing-masing dengan melakukan penyedotan air dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik.

Kepala Pelaksana BPBD DKI, Isnawa Adji pun turut memonitor kondisi genangan Jakarta di Ruang Command Center Bencana di Kantor BPBD DKI Jakarta, Jakarta Pusat. Hal ini dilakukan untuk memastikan koordinasi antar instansi berjalan dengan baik, dan genangan dapat segera diatasi agar aktivitas masyarakat tidak terhambat. Selain itu, Isnawa juga memastikan bahwa layanan kedaruratan Jakarta Siaga 112 siap sedia untuk melayani masyarakat yang mengalami keadaan darurat akibat hujan deras yang melanda Jakarta hari ini.

#InfoBanjir #CepatResponJkt #SiagaTanggapGalang