Siaran Pers

BPBD DKI Salurkan Bantuan Logistik Bagi Masyarakat Penyintas Kebakaran di Pela Mampang, Jakarta Selatan

Siaran Pers Nomor:3818/SP-HMS/12/2022, Diskominfotik DKI Jakarta

UPT PDIK Selasa, 27 Desember 2022
BPBD DKI Salurkan Bantuan Logistik Bagi Masyarakat Penyintas Kebakaran di Pela Mampang, Jakarta Selatan
BPBD DKI Salurkan Bantuan Logistik Bagi Masyarakat Penyintas Kebakaran di Pela Mampang, Jakarta Selatan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mendistribusikan sejumlah bantuan logistik bagi masyarakat terdampak kebakaran yang terjadi pada Senin (26/12) malam di Jl. Bangka Buntu, Kelurahan Pela Mampang, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Kebakaran melanda 83 rumah yang berada di RT 006, 007, dan 008/RW 005 yang telah selesai ditangani oleh 36 unit pemadam kebakaran pada Selasa (27/12) dini hari. Untuk sementara, warga terdampak diungsikan di Masjid Jami Al Aqwam dan Tenda Pengungsi BPBD DKI yang didirikan di Jl. Bangka Buntu II RT 001/RW 005.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, meninjau sekaligus menyerahkan secara langsung bantuan logistik bagi para penyintas pada Selasa (27/12). 

"Hari ini, saya bersama Bapak Ahmad Yani  (Anggota DPRD DKI Jakarta), Kapolres Jakarta Selatan, dan PMI DKI Jakarta, meninjau lokasi terdampak kebakaran untuk berdialog dengan masyarakat agar mengetahui kondisi terkini dari para penyintas", ungkap Isnawa. 

BPBD DKI menyerahkan sejumlah bantuan hidup dasar, antara lain air mineral (30 dus), selimut (150 lembar), terpal (50 lembar), sarung (50 pcs), mukena (50 pcs), family kit (100 paket), kidsware (50 paket), sandang (100 paket), makanan siap saji (25 dus), masker (1.000 pcs), sabun (222 pcs), dan pembalut (6 dus).

"Saya turut prihatin atas musibah yang melanda warga di Pela Mampang. Pemprov DKI akan membantu penanganan pascakebakaran, seperti penyediaan dukungan logistik dan kebutuhan anak sekolah, pengurusan dokumen berharga, serta pembersihan puing dan material di lokasi terdampak", ujar Isnawa. 

Hingga rilis ini diturunkan, sudah beberapa dukungan sarana dan prasarana penunjang dari beberapa instansi terkait, seperti Sudin Sosial Jakarta Selatan dan BAZNAS (Bazis) DKI untuk makanan siap saji, Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Selatan untuk mobil toilet portabel, Palyja untuk tandon air bersih, dan Sudin Bina Marga Jakarta Selatan untuk lampu penerangan di sekitar lokasi pengungsian.