Edukasi Bencana

Hubungan Kebakaran dan Korsleting listrik sebagai penyebabnya

 

 

Apa itu Korsleting Listrik?

Hubungan pendek atau Korsleting berasal dari Bahasa belanda yaitu Kortsluiting yang berarti arus pendek merupakan keadaan dimana terjadi suatu hubungan dengan tahanan listirk yang rendah dan mengakibatkan aliran listrik yang ada menjadi sangat besar dan jika tidak ditangani dengan segera akan dapat menimbulkan kebakaran dan ledakan.

Apa Penyebabnya?

Korsleting listrik umumnya disebabkan karena adanya konduktor positif dan negatif yang terdapat dalam kabel yang berhubungan satu sama lain. hal ni dapat disebabkan oleh penyambungan kabel kabel yang tidak memperhatikan kutub kutub listrik atau adanya konduktor dari kabel yang tidak tertutup oleh bahan isolator secara sempurna. Konduktor positif dan negatif yang saling berhubungan tersebut akan menyebabkan hubungan pendek yang menghasilkan arus listrik yang sangat besar pada kabel sehingga akan menghasilkan panas yang luar biasa dalam waktu cepat, biasa energi panas yang dihasilkan ini dapat disertai dengan ledakan yang kuat dengan suhu yang sangat tinggi sehingga dapat membakar benda benda yang ada disekitarnya.

Berikut ini merupakan hal hal yang biasanya menjadi penyebab dari terjadinya hubungan pendek arus listrik:

  • Isolator dari penghantar listrik yang kurang baik karena pemasangan yang kurang baik
  • Isolator dari penghantar sudah tidak memiliki daya isolator yang cukup baik lagi.
  • Penggunaan peralatan listrik atau kabel listrik yang melewati daya atau kuat hantar arus yang ditentukan.

Bagaimana bisa menimbulkan kebakaran?

Kebakaran yang ditimbulkan oleh korsleting listrik disebabkan oleh karena konduktor negatif dan konduktor positif pada suatu kabel berhubungan satu sama lain menimbulkan hubungan pendek yang membuat arus listrik yang mengalir menjadi sangat besar dalam waktu cepat dan arus listrik yang sangat besar inilah yang menghasilkan suhu yang sangat tinggi dan dapat disertai dengan ledakan yang dapat membakar benda benda yang berada disekitar.

Bagaimana pencegahanya?

  • Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mencegah kebakaran yang disebabkan oleh korselting listrik :

 

  • Gunakan penyedia jasa instalasi listrik yang memmiliki sertifikat SLO ( Sertifikat Layak Operasi) atau paling tidak terdaftar sebagai anggota AKLI (Asosiasi Kontraktor Listrik Indonesia)

 

  • Disarankan untuk tidak menumpuk colokan listrik pada suatu tempat, karena dapat mengakumulasikan panas yang akan mengakibatkan korsleting listrik.

 

  • Disarankan untuk menggunakan alat alat listrik sperti kabel, saklar, stop kontak, steker yang memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia), LMK (Lembaga Masalah Kelistrikan) atau SPLN (Standar PLN).

 

  • Disarankan untuk menggunakan Jenis dan ukuran kabel sesuai peruntukan dan kapasitas hantar arusnya.

 

  • Jika sekring putus, tidak disarankan untuk menyambungnya dengan kawat, karena setiap sekring sudah mempunyai standar seberapa jauh sekring tersebut bisa menerima beban.

 

  • Disarankan untuk melakukan perawatan secara berkala terhadap instalasi listrik seperti memeriksa kondisi kabel, panel listrik, sambungan kabel dll. Dan disarankan untuk memperbarui instalasi listrik di rumah anda minimal lima tahun sekali.

 

  • Jika terjadi kebakaran akibat korsletin lisrik akibat MCB (Mini Circuit Breaker) tidak berfungsi dengan baik, segera matikan listrik dari kWh meter. Dan tidak disarankan untuk menyiram sumber kebakaran dengan air apabila masih terdapat arus listrik.

 

  • Disarankan untuk melakukan pemeriksaan kualitas daya listrik (Power Quality) secara rutin oleh orang yang berpengalaman karena daya listrik yang tidak stabil juga dapat menyebabkan korsleting.

 

  • Hindari pemakaian listrik secara illegal, karena selain membahayakan keselamatan jiwa,tindakan ini juga tergolong tindak kejahatan yang dapat dipidanakan.
  •  

Referensi :

www.pln.co.id/lampung/?p=3543

https://id.wikipedia.org/wiki/Hubungan_pendek

http://belajarelektronika.net/