Galeri Foto

Peningkatan Kapasitas Bencana Perkotaan dan Simulasi Pertolongan pada Gedung Bertingkat Provinsi DKI Jakarta

BPBD DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Bencana Perkotaan dan Simulasi Pertolongan pada Gedung Bertingkat Provinsi DKI Jakarta di Jakarta Rescue Training Center, Kecamatan Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 5 hingga 9 Juni 2023.

UPT PDIK Rabu, 07 Juni 2023

Rabu (07/06) BPBD DKI Jakarta melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Bencana Perkotaan dan Simulasi Pertolongan pada Gedung Bertingkat Provinsi DKI Jakarta di Jakarta Rescue Training Center, Kecamatan Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 5 hingga 9 Juni 2023.

Peserta kegiatan peningkatan kapasitas ini terbagi menjadi 2 angkatan terdiri dari Petugas Penanganan Bencana/TRC BPBD DKI Jakarta, Satpol PP, AGD Dinas Kesehatan, Disgulkarmat dan Tagana Dinas Sosial DKI Jakarta serta Lembaga Penggiat Kebencanaan.

Materi kegiatan Peningkatan Kapasitas ini terdiri dari asesmen kebencanaan, pencarian dan simulasi Search and rescue (SAR) dogs, penyelamatan dan operasional di gedung runtuh, operasional medis pada korban terjebak reruntuhan, pendistribusian logistik dan peralatan dan manajemen bencana. Dengan narasumber yaitu Pembina Jakarta Rescue, R Hadianto Warjaman dan dihadiri oleh Unsur pimpinan BPBD DKI Jakarta, Disgulkarmat Prov DKI Jakarta, dan Satpol PP Prov. DKI Jakarta

Dalam kesempatan sebelumnya pada Selasa (30/05), Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono secara resmi membentuk Satuan Tugas (Satgas) Terpadu Penilaian Gedung dan Non gedung untuk Pengurangan Risiko Bencana Gempa Bumi Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Jakarta Pusat. Pembentukan satgas beranggotakan 122 personel ini sebagai bagian dari upaya Pemprov DKI Jakarta dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan terhadap ancaman bencana terutama bencana gempa bumi.