Berita Harian

Sambut Bulan PRB, BPBD DKI Jakarta Ingatkan Pentingnya Kolaborasi Elemen Pentahelix

Kolaborasi Elemen Pentahelix sangat diperlukan dalam upaya Pengurangan Risiko Bencana.

Admin Minggu, 10 Oktober 2021
Sambut Bulan PRB, BPBD DKI Jakarta Ingatkan Pentingnya Kolaborasi Elemen Pentahelix
Salah satu ilustrasi #EdukasiBPBDJkt tentang Elemen Pentahelix.

Sejak Tahun 2009, Badan PBB UNISDR (United Nations International Strategy for Disaster Reduction) atau sekarang bernama UNDRR (United Nations for Disaster Risk Reduction) telah menetapkan tanggal 13 Oktober sebagai hari peringatan Pengurangan Risiko Bencana Internasional (International Day for Disaster Risk Reduction), dan BNPB menetapkan bulan Oktober sebagai Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang diperingati setiap tahunnya.

Pengurangan risiko bencana sebagaimana dimaksud merupakan kegiatan untuk mengurangi ancaman dan kerentanan serta meningkatkan kemampuan masyarakat dalam menghadapi bencana. (PP No.21 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana).

Melalui konten #EdukasiBPBDJkt, BPBD DKI Jakarta mengingatkan pada Elemen Pentahelix untuk terus berkolaborasi dan bersinergi dalam Pengurangan Risiko Bencana. Unsur yang termasuk dalam Elemen Pentahelix antara lain Pemerintah, Masyarakat, Lembaga Usaha, Akademisi, dan Media. Prinsip pentahelix sejalan dengan nilai gotong royong yang dijunjung Indonesia sejak dahulu. Upaya PRB tidak hanya bergantung kepada pemerintah, namun bentuk kerja sama elemen masyarakat, lembaga usaha, akademisi, dan media yang berperan aktif.