Berita Harian

Pascakebakaran Krendang, BPBD DKI Jakarta Lakukan PFA

Layanan Dukungan Psikososial bagi Penyintas Pascakebakaran di Jl. Krendang Raya, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat

Admin Selasa, 19 Oktober 2021
Pascakebakaran Krendang, BPBD DKI Jakarta Lakukan PFA
BPBD DKI Jakarta Menghibur Anak-Anak Penyintas Bencana Kebakaran

Selasa (19/10) BPBD DKI Jakarta melaksanakan kegiatan layanan Bantuan Psikologis Awal/Psychological First Aid (PFA) bagi anak-anak dan beberapa warga pascakebakaran di Jl. Krendang Raya Gg. Kincir RW. 05 Kel. Krendang, Kec. Tambora, Jakarta Barat. 

PFA bertujuan untuk mengurangi dampak negatif (stres, trauma, atau situasi sulit lain) dan mencegah timbulnya gangguan mental yang buruk oleh para penyintas. PFA dilakukan dengan mengajak anak-anak bernyanyi, menari, dan mewarnai gambar yang disediakan. Selain memberikan PFA kepada anak-anak, BPBD DKI Jakarta juga memberikan layanan pijat kepada para lansia.

Salah satu warga, Ibu Warsini, mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan PFA oleh BPBD DKI Jakarta ini, anaknya (Dodi Gunawan) turut merasa senang dan berharap tidak ada dampak berlanjut dari bencana kebakaran yang dialami. Sementara itu, Al Barkah (Lurah Krendang) berterima kasih kepada BPBD DKI Jakarta karena dengan adanya bantuan PFA tersebut, proses traumatik yang dialami oleh para warga yang terdampak menjadi berkurang dan berharap warganya dapat cepat beraktivitas kembali.